News

Jakarta Fashion Week Model Search 2018 Medan Memilih 9 Model ke Final Jakarta

Monday, 30 Apr 2018

by Ziggy Zeircka

Jakarta Fashion Week sebagai perhelatan fashion terbesar di Asia Tenggara tak bisa dipisahkan dari kehadiran para model berkualitas di runway. Untuk kedua kalinya, Jakarta Fashion Week mengadakan Jakarta Fashion Week Model Search di beberapa kota di Indonesia, yang memilih para model berbakat untuk meramaikan runway Jakarta Fashion Week.

Sebagai bagian dari Road to Jakarta Fashion Week 2019, Jakarta Fashion Week Model Search 2018 tak hanya berlangsung di Jakarta, tapi juga di Surabaya (Pakuwon Mall), Yogyakarta (Jogja City Mall), dan Medan. Audisi ketiga di Medan berlangsung di Cambridge City Square pada 21 dan 22 April 2018.


Di hari pertama audisi, para peserta bisa menyaksikan talk showGold and Your Style” dari UBS Gold bersama Mariisa Felizya, Event Promotor UBS Gold. Talk show yang dipandu Ai Syarif, Creative Advisor JFW, juga menghadirkan Wita Juwita, Face of JFW. Tak hanya berbagi insight seputar tren perhiasan emas, talk show ini juga membahas cara menjadikan perhiasan emas sebagai investasi gaya yang tak boleh dilewatkan, baik secara finansial mau pun dalam segi styling.

Hari pertama juga dimeriahkan oleh talk show “How to Be a Top Model” bersama Wita Juwita, Face of JFW. Entusiasme para peserta audisi Medan membuat Wita bersemangat memberikan kiat-kiat rahasianya sebagai model; dari jalan yang on trend, hingga attitude di balik glamornya dunia fashion. Selama berlangsungnya audisi, para peserta dan pengunjung Cambridge City Square juga bisa membeli koleksi make up terbaru dari Make Over dengan penawaran istimewa.


Di hari pertama pula, para juri yang terdiri atas Ai Syarif (Creative Advisor JFW), Indra Tanudarma (Creative Director - L'Oreal Professionnel), Marissa Felizya (Event Promotor - UBS Gold), Panca Makmun (koreografer senior, Koordinator Kurator Model - JFW),  dan Wita Juwita (Face of JFW) memilih dua puluh empat semifinalis yang akan tampil kembali di trunk show pada hari kedua.

Hari kedua audisi Model Search di Medan sama meriahnya, karena banyak model yang gagal masuk semifinal di hari pertama kembali mencoba audisi. Para model yang masih bersekolah juga baru bisa mengikuti audisi di hari kedua. Para juri juga memilih tambahan enam semifinalis dari para peserta audisi yang baru ikut di hari kedua. 


Trunk show yang menampilkan para Semifinalis memakai koleksi perhiasan emas dari UBS Gold, dengan makeup oleh Make Over dan tata rambut oleh L'Oreal Professionnel, tentu saja menjadi acara yang ditunggu-tunggu. Tak heran jika para penonton memadati Main Atrium Cambridge City Square.

Di gelaran trunk show pertama, tujuh semifinalis wanita tampil mengenakan busana koleksi desainer asal Medan yang giat melestarikan ulos, Torang Sitorus. Kain ulos tampil cantik dalam gaun cocktail, dikombinasikan dengan aksen lace dan payet. Koleksi Torang Sitorus yang berpotongan sederhana namun bercorak berani ini tampil pas dengan anting-anting model terbaru dari UBS Gold.


Selanjutnya, dalam dua sekuens, sepuluh semifinalis pria berjalan di runway mengenakan koleksi Ai Syarif 1965. Siluet kimono dalam wastra Nusantara dan setelan modern penuh warna menjadikan para semifinalis pria tampak keren dan tampil beda.


Trunk show terakhir di audisi Model Search Medan menampilkan tujuh semifinalis wanita dalam koleksi Hartono Gan. Desainer asal Medan ini menampilkan gaun panjang, jumpsuit, setelan, yang didominasi warna emas dan perak, yang tampak cocok dilengkapi dengan anting UBS Gold.


Total tiga puluh semifinalis punya kesempatan sama besar untuk terpilih sebagai pemenang atau finalis dari Medan. Setelah dikerucutkan menjadi 15 besar untuk kemudian dinilai lagi melalui teknik berjalannya, dewan juri sepakat memilih enam finalis regional asal Medan untuk mengikuti audisi Model Search di Jakarta. Mereka adalah Chaterine, Febby, Jasmine, Felix, Hafiz, dan Julio. 


Namun yang istimewa, khusus di Medan, dewan juri memutuskan memberikan Wild Card kepada 3 model asal Medan, yaitu Michelle, Calista, dan Iwan. Artinya, mereka langsung mendapat kesempatan berjalan di Jakarta Fashion Week 2019.  Selamat kepada para pemenang, dan sampai jumpa di runway Jakarta Fashion Week 2019!




Penulis: Zornia
Foto: Tim JFW

Jakarta Fashion Week Model Search 2018 didukung oleh UBS Gold, Make Over, dan L'Oreal Professionnel. Jakarta Fashion Week Model Search 2018 Medan juga didukung oleh Cambridge City Square.