News

Sentuhan Jepang Dalam Perhelatan Indonesia Fashion Forward

Saturday, 20 Oct 2018

by Jakarta Fashion Week

Turut memaknai 60 tahun hubungan diplomatik dengan Indonesia, Japan Fashion Week Organization (JFWO) membawa desainer sekaligus penata gaya Makoto Washizu untuk menata tampilan karya tiga label Indonesia Fashion Forward, yaitu Bateeq, Danjyo Hiyoji serta NY by Novita Yunus pada (20/10/2018) di perhelatan Jakarta Fashion Week 2019.

Bateeq menampilkan 16 tampilan koleksi terbarunya, “Kampong” dengan menyuguhkan 2 motif yaitu Pranata Mangsa dan Sundara. Koleksi
rleady-to-wear memberi kesan dinamis dengan dominasi warna earth-tone colours dan blue jeans. Penggunaan bahan poliester dan katun serta menghadirkan pola batik Parang memberikan tampilan ringan dan elegan. Kain dan pola yang kontras terinspirasi dari semangat anak-anak yang bebas berekspresi. Meskipun gaya yang ditampilkan memberikan kesan casual dan effortless dress, koleksi kali ini dirancang untuk cocok digunakan di berbagai kesempatan.

“NY-TIE” adalah koleksi pagelaran berikutnya. Menampilkan 14 tampilan terbarunya itu, desainer Novita Yunus
menggunakan material dengan teknik hand stamp. Kombinasi over size kimono, boxy, T-shirt dan palazzo serta dilengkapi padu padan antara simple dress dengan aksen ikat kanoko dan teknik ikatan kanoko ini meninggalkan kesan unik dan menarik. Para model pria juga mengenakan selop pria dengan bahan karung dan serat Roselia yang berwarna hitam dan coklat serta syal sutra shibori, kalung dari bahan batu dan tulang onta ditambah tas dari bahan tenun tuban kombinasi tenun sumba dengan kulit domba dan kobra, melengkapi koleksi “NY-TIE”.

Sebagai penutup, Danjyo Hiyoji menyuguhkan koleksi “VERSED”. Ide-ide dasar dalam pemilihan warna dan potongan membuat brand ini sukses. Permainan layering dan proporsi masih melekat sebagai ciri khas Danjyo Hiyoji, yaitu asimetris dengan menumpuk-numpuk bahan pada atasan, celana, hingga rok yang dibuat dalam gaya unfinished detail. Motif garis-garis menyuguhkan kadar playful shocking yang membuat koleksi ini sangat berwarna-warni. Engagement yang dilakukan Danjyo Hiyoji seolah menjawab keinginan mereka terus bergerak dengan memperlihatkan style of the new generation, dan menjadi kiblat para generasi milenial. (FEB/ZGY)