News

101 Cara Berkendara Gaya

Wednesday, 18 Jul 2012

by JFW

Brand otomotif ternama, Mazda, menggelar acara Mazda Drive in Fashion pada akhir April lalu. Berkolaborasi dengan Grazia, Mazda menghadirkan dari talk show, fashion show, hingga fashion untuk charity. Tema 101 Cara Berkendara Gaya dipilih Grazia — sama seperti fashion, tiap individu punya gaya masing-masing dalam berkendara.

Talk show ini menampilkan model/aktris cantik Dominique Diyose, dan Fashion Director Grazia, Monik Wulandari. Domi dan Monik berbagi pengalaman saat mengendarai mobil, termasuk tip ‘multitasking’ di jalanan.

“Aku bisa melakukan beberapa hal secara bersamaan--menerima telepon, lalu (memakai) makeup, dan tetap berkendara,” cerita Domi. ”Yang penting, kendaraan harus berhenti dulu, baru melakukan hal lain. Itu yang selalu aku lakukan demi keamanan dan kenyamanan.” Konsentrasi saat berkendara tetap jadi prioritas utama. Tapi, dengan trik tepat, penampilan bisa terjaga.

“Boleh saja ingin ber-makeup sambil berkendara, tetapi keamanan tetap nomor satu. Misalnya, saat lampu merah dengan durasi yang cukup panjang, bisa menambahkan lipstik sedikit. Tentunya jangan sampai lupa mengatur posisi gas dan rem ya,” Monik menambahkan. Penampilan pun penting saat berkendara, khususnya pilihan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk berkendara. ”Setiap kali berkendara, aku pasti sedia sandal jepit atau flat shoes—rasanya lebih nyaman bagiku,” kata Domi.

Talk show ini diapit fashion show yang bisa menjadi inspirasi penampilan tetap nyaman saat berkendara, apa pun acaranya. Sekuens pertama diisi koleksi Bretzel by Imelda Kartini. Imelda, Finalis Lomba Perancang Mode 2009, menampilkan koleksi ready-to-wear dalam dominasi hitam. Sekuens kedua diisi koleksi dominasi nuansa pastel dari Klé rancangan Kleting Wigati, salah satu pemenang Cleo Fashion Award (CFA) 2009. Tahun ini, label Bretzel juga terpilih sebagai salah satu label yang masuk dalam jajaran delapan desainer yang mendapat bimbingan langsung dari Centre for Fashion Enterprise.

CFE yang bermarkas di London adalah sebuah organisasi bisnis yang merupakan ‘inkubator’ pengembang bakat-bakat di industri fashion, seperti Peter Pilotto dan Mary Katrantzou yang namanya sedang melejit saat ini. CFE juga telah bekerjasama dengan sejumlah brand internasional ternama, sebut saja adidas, D&G, Harrod’s, hingga True Religion. Kedatangan CFE ke Jakarta merupakan hasil kerjasama Jakarta Fashion Week, British Council dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Tahun ini, Jakarta Fashion Week 2013 akan diselenggarakan pada 3-9 November 2012 di Plaza Senayan. (Tim Peliput Grazia)