News

Seri Model Search 2017 - Modeling 101 (Part 1): Tips Audisi dari Face of JFW 2016 dan Wajah Femina 2017

Thursday, 2 Mar 2017

by JFW

Ajang berskala besar seperti Jakarta Fashion Week Model Search ("JFW Model Search"), apalagi Jakarta Fashion Week, tentu bisa membuat siapa pun menjadi gugup. Mungkin juga banyak kandidat peserta yang merasa tidak siap untuk menghadapi audisi, apalagi audisi pertama terbilang akan berlangsung sebentar lagi. Jangan khawatir, Wita Juwita (Face of Jakarta Fashion Week 2016), Tifanny (Wajah Femina 2016), dan Evanny (Best Catwalk - Wajah Femina 2016), hadir untuk memberikan tips-tips bagi para kandidat model.


Ditemui saat konferensi pers JFW Model Search 2017, 3 Maret 2017 yang lalu di FASHIONLINKxBLCKVNUE - Senayan City, ketiga dara cantik nan berbakat ini tanpa ragu berbagi ilmu dan pengalaman mereka dalam menghadapi audisi. Berikut petikan wawancara kami!


 

"Halo, Wita (W), Tiffany (T), dan Evanny (E). Kalian tentu sudah berpengalaman menjalani audisi model, bisa tidak berbagi tips dan pengalaman tentang cara kalian menghadapi audisi. Adakah kiat khusus, terutama untuk pemula, dalam menghadapi audisi?"
 

W: Halo, Jakarta Fashion Week. Buat aku, persiapan sampai hal yang terkecil itu sangat penting. Selain berlatih dan menjaga kesehatan, peserta juga harus memperhatikan persyaratan yang ditentukan oleh panitia. Misalnya, panitia mewajibkan kostum tertentu, nah, kenakanlah kostum itu untuk datang ke audisi, minimal dibawa untuk berganti di tempat. Jangan sampai saltum alias salah kostum.

T: Wajah Femina itu ajang terkait modeling ke empat yang pernah aku jalani, tapi aku tidak pernah berhenti berlatih.

E: Aku sendiri belum pernah ikut audisi model, tapi aku sering mengikuti kontes kecantikan. Nah, makanya untuk mempersiapkan diri, aku biasa membaca tips-tips atau artikel-artikel tentang kiat-kiat modeling atau audisi model.
 

"Latihan seperti apa sih yang sering kalian lakukan sebelum audisi?"


T: Aku termasuk yang sempat kesulitan dalam memakai sepatu hak tinggi, untungnya saat Wajah Femina diajarkan cara berjalan dengan hak tinggi. Dari yang paling pendek dulu, 3 cm, lalu 5 cm, dan seterusnya. Selain itu, harus berusaha berlatih mengontrol ekspresi selama di panggung agar tidak  berlebihan dan tampak alami.

E: Karena aku dulu lebih sering mengikuti kontes kecantikan, aku jadi belajar perbedaan antara pageant walk dengan fashion catwalk. Di kontes kecantikan, biasanya kita berjalan dengan cukup banyak gerakan tambahan, misalnya mengibaskan rambut dan mengubah-ubah angle wajah. Untuk fashion catwalk, postur tubuh harus lebih rigid dan tegas, karena di situ kita harus menonjolkan fitur pakaian yang kita bawakan, bukannya diri kita pribadi saja. Jadi, gerakan tambahan harus lebih minimal.

W: Sekarang ini 'kan hidup kita semakin dipermudah ya dengan adanya internet, makanya manfaatkanlah sebaik-baiknya. Buka YouTube atau situs-situs video yang punya konten pekan mode atau tutorial catwalk, nah cari gaya yang paling cocok dan meyakinkan untuk kamu, lalu coba tiru di depan kaca.
Buat pemula, biasanya belum terbiasa dengan sepatu berhak tinggi, ini juga harus dilatih. Jika kamu belum punya, beli sepatu hak tinggi yang paling nyaman untuk kamu kenakan saat audisi, lalu latihan berjalan memakai sepatu itu. Jadi nantinya, saat audisi, kamu sudah terbiasa dengan sepatu itu dan tidak kaku. Menurut pengalaman aku sendiri, kalian bisa terlihat lebih profesional dengan sepatu hak tinggi dengan tinggi sekitar 12 cm, dan jangan gunakan model 'wedges'.


Ikuti juga seri tutorial JFW Model Search di instagram @jfwofficial atau twitter @jktfashion dengan tagar #JFWModelSearchTutorial dan kalian juga bisa lho tanya-tanya langsung tips ke instagram @witajuwita@tiffanyfani, dan @EvannyWityo. Ikuti terus seri artikel Model Search 2017 - Modeling 101 untuk lebih banyak lagi bocoran-bocoran menarik.


Penulis: Zea Zabrizkie

Popular News