News

Marvelous Billy Tjong

Wednesday, 10 Jul 2013

by JFW

Two thumbs up untuk desainer muda Indonesia, Billy Tjong! Desainer baju penobatan GADIS Sampul 2009 ini telah meluncurkan line terbarunya, Billy Tjong & Co. Berbeda dari empat line sebelumnya yaitu Billy Tjong, Dresscode, Crystallist dan Millie by Billy Tjong, line ini menerapkan konsep one stop shopping place yang lengkap dengan studio fotografi dan konsultan kecantikan. 

Flash Back Billy

Dilahirkan dari seorang ibu yang berprofesi sebagai penjahit kebaya ditambah dengan latar belakang keluarga yang mayoritas bergerak di bidang garmen membuat Billy sangat tertarik untuk terjun ke dunia fashion. Ketertarikan dan keseriusannya membuat Billy memutuskan untuk mempelajari jurusan fashion design di luar negeri untuk mengasah kreativitas dan intuisi fashion-nya. Sekembalinya ke Indonesia, setiap desain yang berada di tangan Billy bisa berubah menjadi totally irresistible dan bikin kita jatuh cinta! Billy pun nggak ketinggalan mengikuti lomba desain. Prestasinya antara lain adalah memenangkan juara pertama dari ajang Concours International des Jeunes de Mode di tahun 2003, dimana ini adalah ajang bergengsi tingkat internasional bagi para pekerja seni dalam merancang busana. Disusul menjadi pemenang favorit dalam ajang LPM (Lomba Perancang Mode) Femina 2005, kemudian menjadi finalis secara berturut-turut dari 2005 dan 2006 di ajang Mercedes-Benz Asia Fashion Award (MBAFA). Selain itu Billy juga dipercaya oleh sutradara kawakan Garin Nugroho untuk merancang wardrobe para aktris dalam film Supermodel.
 
Billy Tjong, Drezzcode dan Crystallist
Ketiga label di atas adalah line Billy yang sudah eksis dan terdengar dari tahun 2002. Butik-butik tersebut mengetengahkan konsep desain yang mengacu pada gaun pesta, cocktail party dress sampai wedding gown yang daring. Model baju untuk label Billy Tjong diproduksi terbatas, hanya one of a kind untuk pesanan dan satu sampai dua piece untuk ready stock-nya. Sedangkan untuk label Drezzcode dan Crystallist, jumlah baju perdesainnya bisa diproduksi sampai 12 pieces.
 
Millie by Billy Tjong
Nama di atas adalah line fashion hasil kolaborasi dengan sang kakak, Mimi, yang juga seorang desainer. Koleksi Millie diperuntukkan bagi anak-anak, remaja dan dewasa yang ready to wear namun fashionable. Terobosan lain adalah bentuk siluet desain yang diramu secara cermat menggunakan material bahan yang berbeda menjadi satu kesatuan look yang wearable dan nyaman. Keistimewaan lain dari Millie adalah penggunaan eksplorasi tehnik yang beraneka ragam, seperti tehnik lipat, bordir, drapery, sampai patchwork dari denim yang dikerjakan dengan finishing yang rapi. “Millie sangat cocok untuk cewek-cewek yang ingin tampil cantik tapi nggak terlalu extravagant,” jelas Billy.
 
What’s Hot
Selain karya-karya brand new-nya kita juga bisa lihat intuisi tajam dan kreativitas Billy dalam meng-capture momen unik serta natural dalam karya fotografi bidikannya. Foto jepretannya nggak lepas juga dari dunia fashion, lho. Bravo Billy!
 
Prestidina
Majalah Gadis Edisi 02/2010

Popular News